PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 2 AIKMEL PADA MASA COVID-19

ALFIANSAH, ALFIANSAH (2022) PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 2 AIKMEL PADA MASA COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (alfiansah)(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

1. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara Semiterstruktur dan Observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMAN 2 Aikmel pada masa COVID- 19 dimana sudah terlaksana dengan cukup baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru dan peserta didik menggunakan Whatsapp, google classroom dan Zoom.Meskipun pembelajaran dilakukan secaradaring guru tetap melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring, mempersiapkan bahan ajar berupamedia pembelajaran dan mempersiapkan bahan ajar sebelum proses pembelajaran berlangsung. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan media berupa video, penggunaan media pembelajaran berupa video pembelajaran bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Startegi yang digunakan guru dalam pembelajaran daring berupa pemberian waktu untuk diskusi dan tanya jawab kepada peserta didik sebagai suatu cara untuk melakukan pendekatan sehigga peserta didik dapat berinteraki dengan baik.Selain itu metode yang digunakan guru yaitu disesuaikan dengan kharakteristik peserta didik, guru menggunakan metode ceramah karena dinilai lebih efektif untuk menjelaskan materi pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran daring di SMAN 2 Aikmel antara lain kurangnya kemampuan menggunakan media oleh guru dan siswa serta kurangnya perlengkapan yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran daring dari siswa. Selain itu peran sekolah dalam memonitoring pelaksanan pembelajaran daring harus lebih ditingkatkan untuk menghindari terjadinya ketidakdisiplinan antara guru dan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pelaksanan, Pembelajaran Daring, Faktor Yang Mempengaruhi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:24
Last Modified: 11 Mar 2022 01:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28191

Actions (login required)

View Item View Item