MENGEMBANGKAN PERMAINAN BOWLING ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK KELOMPOK A DI PAUD ADRIKNA SELEN AIK KECAMATAN ARMADA TAHUN 2021

MIA, ILHAMI AZIZAH (2022) MENGEMBANGKAN PERMAINAN BOWLING ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK KELOMPOK A DI PAUD ADRIKNA SELEN AIK KECAMATAN ARMADA TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MIA ILHAMI AZIZAH_PG-PAUD_FKIP_E1F017046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berhitung permulaan anak usia dini adalah salah satu kemampuan yang dimiliki oleh setiap anak yang berkaitan dengan konsep matematika sederhana, yang berkaitan dengan pengenalan konsep suatu bilangan dan lambang bilangan serta penjumlahan dan pengurangan sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pengembangan permainan bowling angka yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A di PAUD Adrikna Selen Aik Kecamatan Narmada tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tiga tahap pengembangan yang masing- masing penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan analisis pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 10 orang anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan permainan bowling angka menunjukkan rata-rata kemampuan berhitung permulaan anak meningkat yaitu pada pengembangan I sebesar 50,8% pada tahap pengembangan II mengalami peningkatan sebesar 79,1% dan tahap pengembangan III mengalami peningkatan sebesar 93,3%. Kesimpulannya, bahwa mengembangkan permainan bowling angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan di PAUD Adrikna Selen Aik Kecamatan Narmada tahun 2021 yang dilakukan dengan cara mengembangkan bentuk dan cara memainkan permainan tersebut dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A di PAUD Adrikna Selen Aik Kecamatan Narmada Tahun 2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Permainan Bowling Angka, Kemampuan Berhitung Permulaan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:25
Last Modified: 11 Mar 2022 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28194

Actions (login required)

View Item View Item