PENENTUAN POTENSI AKUIFER DENGAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK TAHANAN JENIS DI BEBERAPA DESA DI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA

ZULFIKRI, ZULFIKRI (2021) PENENTUAN POTENSI AKUIFER DENGAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK TAHANAN JENIS DI BEBERAPA DESA DI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
REVISI DZULFIKRI LEVEL IV EKSTRA FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penentuan potensi akuifer dengan menggunakan metode geolistrik tahanan jenis dibeberapa Desa di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Dengan kondisi geologi daerah permukaan penelitian didiominasi oleh batuan hasil gunung api berupa tufa, batu pasir, breksi lahar dan lava. Dataran tinggi yang menyebabkan daerah tersebut mengalami kesulitan dan kekurangan air permukaan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan pengukuran dengan metode resisitivitas konfigurasi Schlumberger. Dari hasil penelitian didapatkan jenis batuan yang tersusun berupa top soil dengan nilai tahan jenis 1411 Ωm dengan kedalaman 0 m – 0,6 m dengan ketebalan 0,6 m, breksi dengan nilai tahan jenis 674 Ωm dengan kedalaman 0,6 m – 3,14 m dengan ketebalan 2,54 m, lempung dengan nilai tahan jenis 401 Ωm dengan kedalaman 3,14 m - 7,18 m dengan ketebalan 4,04 m, pasir lempung dengan nilai tahan jenis 29,7 Ωm dengan nilai kedalaman 7,18 m – 16,4 m dengan ketebalan 9,23 m dan pasir dengan nilai tahan jenis 36 Ωm dengan nilai kedalaman 16,4 m – 37,5 m dengan nilai ketebalan 21,1 m. dari hasil perhitungan pada setiap titik-titik sounding dengan nilai tahan jenis 100 Ωm - 500 Ωm dengan nilai kedalaman rata-rata sebesar rata 37,5 m. Dari hasil penampang 2D distribusi nilai resistivity menunjukkan bahwa lapisan pasir merupakan batuan yang diduga sebagai akuifer yang berada pada kedalaman yang berbeda-beda yang tersebar pada setiap lintasan pengukuran, daerah penelitian dapat dikategorikan bernilai sedang dan ketersediaan air tanah dapat dikatakan berpotensi produktif. Sehingga metode geolistrik cukup efektif digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : resistivitas,schlumberger,
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:25
Last Modified: 11 Mar 2022 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28197

Actions (login required)

View Item View Item