STRATEGI ORANG TUA DALAM MENANGANI GEJALA STRES PADA ANAK TK B SAAT PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH BATULAYAR TAHUN 2021

Fatimatun, Zahroh (2022) STRATEGI ORANG TUA DALAM MENANGANI GEJALA STRES PADA ANAK TK B SAAT PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH BATULAYAR TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FATIMATUN ZAHROH_E1F017022_SKRIPSI PG PAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Sistem pembelajaran secara daring yang berlangsung selama pandemi covid-19 menimbulkan berbagai gejala stres bagi anak terutama anak usia prasekolah. Orang tua diharapkan dapat mengatasi kesulitan anak agar tidak mengalami stres dan kejenuhan saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi orang tua dalam menangani gejala stres anak saat pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Dengan menggunakan metode survei dan pengambilan sumber data menggunakan teknik purposive sampling dengan ketentuan yaitu orang tua yang memiliki anak TK B yang sudah terlibat dalam pembelajaran secara daring selama pandemi covid-19. Dalam penelitian ini diperoleh 27 responden. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa sebagian besar anak TK B mengalami gejala stres diantaranya anak mengalami gejala stres perilaku, gejala stres intelektual, dan sisanya tidak menunjukkan gejala apapun. Adapun tingkat gejala stres yang dialami anak disesuaikan dengan kemampuan orang tua dalam menangani gejala stres anak yang muncul yakni 15% anak berada pada tingkat gejala stres rendah, 81% berada pada tingkat gejala stres sedang, dan 4% pada tingkat gejala stres tinggi. Dengan gejala stres yang dialami anak peneliti menemukan bahwa para orang tua menggunakan berbagai upaya dalam menangani gejala stres belajar anak seperti 67% orang tua memberikan hadiah/ reward, 22% orang tua mengajak anaknya bermain dan rekreasi, dan 11% yang memahami dan menyesuaikan gaya belajar anak. Orang tua harus selalu peka terhadap kondisi anak sehingga tidak mengalami gejala stres saat pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Strategi Orang Tua, Stres Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:25
Last Modified: 11 Mar 2022 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28198

Actions (login required)

View Item View Item