MIADATUL, ISMI (2022) DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4 - 5 TAHUN DI DUSUN KEKAIT PUNCANG TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI MIADATUL ISMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di Dusun Kekait Puncang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian berjumlah 5 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengenai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di Dusun Kekait puncang, penggunaan gadget yang lebih cenderung untuk menonton video di Youtube dan Tiktok dengan durasi penggunaan yang bervariasi. Terdapat deskriptor yang berdampak positif pada ke-5 subyek yakni, anak selalu mengajak temannya untuk bermain bersama. Terdapat juga deskriptor yang berdampak negatif pada ke-5 subyek yakni, anak tidak menyapa teman atau orang tua dan anak lebih sering menangis dan marah. Dari hasil penelitian terdapat 1 subyek menggunakan gadget selama 30 menit sehari memiliki dampak yang sangat baik terhadap perkembangan sosial emosional. Terdapat 1 subyek menggunakan gadget selama 1 jam sehari memiliki dampak yang cukup baik terhadap perkembangan sosial emosional. Terdapat 3 subyek menggunakan gadget selama 2 jam sehari memiliki dampak yang kurang baik terhadap perkembangan sosial emosional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin sedikit waktu anak menggunakan gadget maka semakin baik perkembangan sosial emosional anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci : penggunaan gadget, sosial emosional. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 01:25 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 01:25 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28199 |
Actions (login required)
View Item |