PENGARUH VARIASI UKURAN SERBUK DAN VARIASI WAKTU TAHAN (HOLDING TIME) SINTERING TERHADAP KEKERASAN DAN DENSITAS PRODUK METALURGI SERBUK PADUAN LIMBAH ALUMUNIUM (Al) TEMBAGA (Cu) SILIKON KARBIDA (SiC)

Amir, Rizwan (2022) PENGARUH VARIASI UKURAN SERBUK DAN VARIASI WAKTU TAHAN (HOLDING TIME) SINTERING TERHADAP KEKERASAN DAN DENSITAS PRODUK METALURGI SERBUK PADUAN LIMBAH ALUMUNIUM (Al) TEMBAGA (Cu) SILIKON KARBIDA (SiC). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Amir Rizwan F1C016014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini sangat pesat, hal ini mendorong pemanfaatan serta penggunaan logam terus berkembang dalam berbagai sektor. Salah satu metode pembentukan komposit matrik logam adalah metode metalurgi serbuk. Metalurgi serbuk merupakan teknologi pengerjaan logam dimana komponen diproduksi dari serbuk logam.Metalurgi serbuk memiliki kelebihan yaitumenghasilkan produk yang presisi dan kualitas produk yang baik. Pada proses ini serbuk logam yang diperoleh dari hasil pengikisan dari limbah-limbah alumunium dikumpulkan sebanyak mungkin dan di ayak dengan mesh kemudian dicetak dengan beberapa bahan tambahan lainnya. Produksi metalurgi serbuk banyak digunakan di industri-industri besar terutama untuk komponenkomponen mesin, seperti bantalan,roda gigi, blok mesin dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi ukuran serbuk aluminium dan waktu tahan sintering terhadap sifat mekanik (kekerasan) dan sifat fiisik (densitas). Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah aluminium (Al) yang berasal dari sisa pemotongan etalase, tembaga (Cu) dan silikon karbida (SiC). Pembuatan spesimen menerapkan teknologo metalurgi serbuk dengan metode kompaksi dan sintering. Pada penelitian ini variasi yang digunakan adalah variasi ukuran serbuk aluminium mesh 80 dan 120, variasi waktu tahan sintering 60 menit, 120 menit dan 180 menit. Proses kompaksi dan sintering dilakukan dengan beban 6 Ton dan temperatur 600℃. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi ukuran serbuk aluminium dan waktu tahan (holding time) sintering berpengaruh terhadap kekerasan dan densitas spesimen. Semakin kecil ukuran mesh dan lama waktu tahan sintering maka nilai kekerasannya semakin tinggi, kekerasan tertinggi terjadi pada variasi ukuran serbuk alumunium mesh 80 dengan waktu tahan sintering 180 menit sebesar 112.33 HRF dan nilai densitas pada mesh 80 dengan variasi waktu tahan sintering 60 menit, 120 menit, dan 180 menit yang sebelum dikompaksi (ρ₁ ) sebesar 0. 0016 dan setelah disinterring (ρ₂ ) sebesar 0. 0021 . Pada mesh 120 dengan variasi waktu tahan sintering 60 menit, 120 menit, dan 180 menit dengan nilai (ρ₁ ) 0. 0012 gr/mm3 dan (ρ₂ ) 0. 0022 gr/mm3.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Metalurgi serbuk, Al, Cu, SiC, HRF, densitas, mesh, dan waktu tahan sintering.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Mar 2022 02:16
Last Modified: 11 Mar 2022 02:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28221

Actions (login required)

View Item View Item