B21 - Penyuluhan Tentang Pentingnya Pemberian Merek dan Strategi Pengembangan Usaha pada Home Indutri Tempe di Desa Kerumut Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur

Rusminah, Hs and Hilmiati, Hilmiati and M., Ilhamudin and Wahyunadi, Wahyunadi B21 - Penyuluhan Tentang Pentingnya Pemberian Merek dan Strategi Pengembangan Usaha pada Home Indutri Tempe di Desa Kerumut Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. ISSN 2655-5263

[img]
Preview
Text
B21 Jurnal MIPA Vol 4 No 4 (2021).pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

esa Kerumut merupakan salah satu dari 15 desa yang ada di wilayah kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur, yang memiliki potensi usaha tempe. Produk tempe yang dihasilkan antara pelaku usaha yang satu dengan yang lain hampir tidak memiliki perbedaan, sehingga konsumen tidak dapat membedakan pemilik dari produk tersebut. Begitu pula dalam mengembangkan usaha nya masih sangat minim, karena pemanfaatan produknya hanya sebatas menjual tempe yang sudah jadi tanpa ada inovasi terhadap produk tersebut. Usaha tempe yang ada dapat dikemas dalam berbagai olahan yang memiliki cita rasa yang lebih menarik seperti membuat krepek tempe dengan varian rasa original, balado, jagung manis dan pedas manis, yang dikemas dengan kemasan yang menarik, sehingga dapat menarik minat konsumen. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan bimbingan kepada para pelaku usaha untuk dapat memberikan merek pada produk yanga dihasilka dan dapat mengembangkan usahanya secara efektif dan efisien, sehingga para pelaku usaha home industri ini dapat mengembagkan usahanya menjadi lebih berkembang dan maju. Metode pelaksanaan kegiatan dengan memberikan penyuluhan, tanya jawab dan praktek. Praktek pembuatan dimulai dengan menjelaskan bahan-baha dan peralatan yang digunakan, proses pengolahan sampai pengemasan dan pemberian merek. Dengan adanya peningkatan nilai ekonomi dari hasil home industri tempe menjadi krepek tempe, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan. Antusiasme peserta dalam kegiatan pengabdian ini sangat tinggi, terlihat dari keaktifan para peserta di dalam mengikuti kegiatan dan di dalam mengajukan pertanyaan - pertanyaan.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Merek, Pengembangan Usaha, Desa Kerumut.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Dr. Wahyunadi, SE
Date Deposited: 12 Mar 2022 07:16
Last Modified: 12 Mar 2022 07:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28295

Actions (login required)

View Item View Item