ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PLATFORM DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) SISWA KELAS XI SMAN 9 MATARAM

NURSYIFA, HANA (2022) ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PLATFORM DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) SISWA KELAS XI SMAN 9 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Alhamdulillah skripsi syifa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui kemandirian belajar siswa kelas XI SMAN 9 Mataram selama mengikuti pembelajaran jarak jauh menggunakan media platform daring. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram yang terbagi menjadi 3 kelas. Sampel pada penelitian ini berjumlah 85 siswa yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data diambil melalui angket kemandirian belajar siswa yang terdiri dari 4 indikator penilaian, yaitu: 1) semangat dan keinginan untuk maju; 2) bertanggung jawab; 3) mampu mengambil keputusan dan inisiatif; 4) percaya diri. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram termasuk dalam kategori rata-rata tinggi dengan persentase tiap kelasnya yaitu kelas XI MIA 1 sebesar 58.1%, kelas XI MIA 2 sebesar 63.4%, kelas XI MIA 3 sebesar 61.0% dengan persentase rata-rata kemandirian belajar seluruh kelas sebesar 60.8%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis platform daring memberikan pengaruh yang baik terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Google Classroom, WhatsApp, pelajaran kimia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 00:38
Last Modified: 14 Mar 2022 00:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28298

Actions (login required)

View Item View Item