NURSYIFA, HANA (2022) ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PLATFORM DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) SISWA KELAS XI SMAN 9 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Alhamdulillah skripsi syifa.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui kemandirian belajar siswa kelas XI SMAN 9 Mataram selama mengikuti pembelajaran jarak jauh menggunakan media platform daring. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram yang terbagi menjadi 3 kelas. Sampel pada penelitian ini berjumlah 85 siswa yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data diambil melalui angket kemandirian belajar siswa yang terdiri dari 4 indikator penilaian, yaitu: 1) semangat dan keinginan untuk maju; 2) bertanggung jawab; 3) mampu mengambil keputusan dan inisiatif; 4) percaya diri. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram termasuk dalam kategori rata-rata tinggi dengan persentase tiap kelasnya yaitu kelas XI MIA 1 sebesar 58.1%, kelas XI MIA 2 sebesar 63.4%, kelas XI MIA 3 sebesar 61.0% dengan persentase rata-rata kemandirian belajar seluruh kelas sebesar 60.8%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis platform daring memberikan pengaruh yang baik terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI MIA SMAN 9 Mataram.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Google Classroom, WhatsApp, pelajaran kimia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 00:38 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 00:38 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28298 |
Actions (login required)
View Item |