PERTUMBUHAN RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii YANG DIRENDAM DALAM EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia cattapa L.) DENGAN FREKUENSI BERBEDA

Munawwarah, Munawwarah (2022) PERTUMBUHAN RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii YANG DIRENDAM DALAM EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia cattapa L.) DENGAN FREKUENSI BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUNAWWARAH (AutoRecovered) FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman ekstrak daun ketapang terhadap pertumbuhan rumput laut. Penelitian ini dilaksanakan selama 45 didalam laut dengan metode experimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang meliputi 4 taraf perlakuan dan 4 ulangan sehingga diperoleh total 16 unit percobaan. Perlakuan yang diujicobakan yaitu penambahan ekstrak daun ketapang terhadap rumput laut terdiri atas A: Kontrol (tanpa perendaman ekstrak daun ketapang) didapatkan hasil 2,44% SR, B: perendaman ekstrak daun ketapang pada awal pemeliharaan didapatkan hasil 17,13% SR, C: perendaman ekstrak daun ketapang dilakukan setiap 10 hari dengan hasil 75,73% SR, dan perlakuan D: perendaman ektrak daun ketapang dilakukan setiap 20 hari dengan hasil yang didapatkan 49,95% SR. Hasil ini menunjukkan bahwa penambahan ekstrak daun ketapang pada rumput laut memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kelangsungan hidup (SR). dari hasil pengamatan, hasil terbaik yang didapatkan yaitu diperoleh dari perlakuan bagian C.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : rumput laut, ekstrak daun ketapang, pertumbuhan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 00:38
Last Modified: 14 Mar 2022 00:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28300

Actions (login required)

View Item View Item