KLASIFIKASI KAIN SONGKET LOMBOK KHAS PRINGGASELA MENGGUNAKAN METODE MULTI TEXTON CO-OCCURRENCE DESCRIPTOR DAN K-NEAREST NEIGHBOR

Ridho, Ilahi (2022) KLASIFIKASI KAIN SONGKET LOMBOK KHAS PRINGGASELA MENGGUNAKAN METODE MULTI TEXTON CO-OCCURRENCE DESCRIPTOR DAN K-NEAREST NEIGHBOR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1D017074 Ridho Ilahi Laporan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Songket merupakan salah satu kain tradisional warisan budaya Indonesia yang masih terjaga hingga kini. Desa Pringgasela yang terletak dipulau Lombok merupakan daerah yang memproduksi kain songket yang memiliki khas motif tersendiri dari ragam, keunikan dan keindahannya yang diketahui masyarakat, namun masyarakat tersendiri kurang mengetahui mengenai perbedaan antara satu motif dengan motif lainnya. Informasi mengenai jenis songket khas Pringgasela ini belum didokumentasikan secara baik. Pada penelitian akan membangun suatu model sistem yang membedakan motif songket khas Pringgasela melalui pengenalan citra menggunakan metode Multi Texton CoOccurrence Descriptor (MTCD) dengan proses klasifikasi K-Nearest Neighbor (KNN). Data yang digunakan sebanyak 4800 citra songket khas Pringgasela yang terdiri dari 8 jenis songket di mana 70% untuk data latih dan 30% untuk data uji. Akurasi, presisi dan recall pengujian dengan menggunakan kfold-cross-validation 99.83%. Akurasi tertinggi sebesar 99.99% dengan recall dan presisi 100% diperoleh dengan model terbaik menggunakan perhitungan jarak metode manhattan dan nilai K=3.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keywords: Klasifikasi Citra, Songket Khas Pringgasela, Texton ,Multi Texton CoOccurrence Descriptor (MTCD), K-Nearest Neighbor (KNN)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:29
Last Modified: 14 Mar 2022 05:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28304

Actions (login required)

View Item View Item