Implementasi Prinsip Transparansi dalam Pengelolaan Dana Desa ( Studi di Desa Jago, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah )

DEA NOVIANA, BQ. (2022) Implementasi Prinsip Transparansi dalam Pengelolaan Dana Desa ( Studi di Desa Jago, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi BQ. DEA NOVIANA (E1B117015).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan utama yang dikaji pada penelitian ini adalah apakah ada implementasi prinsip transparansi dalam pengelolaan dana desa di desa jago, kecamatan praya, kabupaten lombok tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi prinsip transparansi dalam pengelolaan dana desa di desa jago, kecamatan praya, kabupaten lombok tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif . Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 orang terdiri dari kepala desa, sekretaris, bendahara, dan kasi kesejahteraan. Informan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang yang terdiri dari BPD, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah desa jago telah mengimplementasikan 98% prinsip transparansi dalam pengelolaan dana desa di pemerintahan desa jago, kecamatan praya, kabupaten lombok tengah, sedangkan faktor penghambat dari dalam dan dari luar adalah kurang disiplin waktu para aparatur desa saat menghadiri rapat atau musyawarah desa, masih kurangnya penyebaran informasi melalui chanel youtube, dan masih ada beberapa masyarakat yang belum memahami apa isi dan maksud informasi yang disampaikan oleh pemerintah desa jago. Faktor pendukung dari dalam dan dari luar adalah masyarakat desa jago dan organisasi desa yang sudah membantu pemerintah desa dan sudah berpartisipasi dalam membantu pemerintah desa jago, selain itu terlibatnya masyarakat desa jago dalam pembangunan desa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Prinsip Transparansi, Dana Desa, Faktor Pendukung dan Penghambat dari luar dan dalam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:29
Last Modified: 14 Mar 2022 05:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28305

Actions (login required)

View Item View Item