STRATEGI BERTAHAN HIDUP BURUH TANI PADA MASA COVID-19 (Studi Kasus Di Desa Sambelia Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur)

FITRI, ALPIANI (2022) STRATEGI BERTAHAN HIDUP BURUH TANI PADA MASA COVID-19 (Studi Kasus Di Desa Sambelia Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIRTI ALPIANI (E1S017024).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi bertahan buruh tani dalam memenuhi kebutuhan hidup pada masa pandemi dan (2) mengetahui pola kegiatan buruh tani untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan (1) bahwa strategi bertahan buruh tani dalam memenuhi kebutuhan hidup pada masa pandemi yang digunakan di Desa Sambelia, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur yaitu: a) strategi aktif, dan b) strategi pasif; (2) pola kegiatan buruh tani untuk memenuhi kebutuhan hidup dilakukan dengan: a) membuat sendiri (memproduksi), dan b) menukarkan (exchange).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: strategi, bertahan hidup, buruh tani
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:30
Last Modified: 14 Mar 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28312

Actions (login required)

View Item View Item