UPAYA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN KEADILAN GENDER MELALUI PROGRAM SEKOLAH DI MA MADRASATUL QUR’ANIYAH BATULAYAR

Icha, Putri Handayani (2022) UPAYA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN KEADILAN GENDER MELALUI PROGRAM SEKOLAH DI MA MADRASATUL QUR’ANIYAH BATULAYAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ICHA PUTRI HANDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bentuk-bentuk program sekolah berpotensi keadilan gender di MA Madrasatul Qur‟aniyah, (2) upaya kepala sekolah dalam melaksanakan keadilan gender terhadap guru melalui program sekolah di MA Madrasatul Qur‟aniyah Batulayar, (3) upaya kepala sekolah dalam melaksanakan keadilan gender terhadap tenaga kependidikan melalui program sekolah di MA Madrasatul Qur‟aniyah, (4) upaya guru dalam melaksanakan keadilan gender terhadap peserta didik melalui program sekolah di MA Madrasatul Qur‟aniyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan : (1) 10 program sekolah berpotensi keadilan gender yaitu program pelatihan guru, pelatihan tenaga kependidikan, pembinaan yayasan, sosialisasi kerjasama, evaluasi, OSIM, paskibra, pramuka, tahfidz, dan program belajar mengajar, (2) berupaya melaksanakan keadilan gender terhadap tenaga pendidik pada aspek akses dengan memberikan dorongan,fasilitas,kesempatan berpendapat, pada aspek partisipasi dengan mewajibkan guru mengikuti program sekolah, pada aspek kontrol dengan menggilir kepengurusan melalui program sosialisasi kerjasama, evaluasi, dan pembinaan yayasan, dan pada aspek manfaat berupa pengalaman baru, (3) berupaya melaksanakan keadilan gender terhadap tenaga kependidikan pada aspek akses dengan menyediakan fasilitas, pada aspek partisipasi dengan mewajibkan mengikuti program sekolah, pada aspek kontrol dengan menggilir kepengurusan, dan melibatkan dalam musyawarah melalui program evaluasi dan pembinaan yayasan, dan manfaat berupa pengalaman dan keterampilan baru, (4) berupaya melaksanakan keadilan gender terhadap siswa pada aspek akses dengan memberikan kesempatan yang sama kepada siswa, pelatihan pengembangan diri, fasilitas, pada aspek partisipasi dengan memberikan reward, menunjuk siswa untuk berpartisipasi dalam program sekolah, pada aspek kontrol dengan melibatkan siswa dalam kegiatan penetapan tata tertib, dan memberikan manfaat pengalaman dan keterampilan baru pada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Keadilan, Gender, Program, Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:30
Last Modified: 14 Mar 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28314

Actions (login required)

View Item View Item