ANALISIS TINGKAT KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN GUGUS III MATARAM

GUSTI, AYU ESTI NAMBATARI (2021) ANALISIS TINGKAT KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN GUGUS III MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI GUSTI AYU ESTI (BARU).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak - Pandemi Covid-19 tidak mendukung proses belajar mengajar tatap muka dikelas. Salah satu solusi adalah melaksanakan pembelajaran daring. Sekolah Dasar di Gugus III Mataram termasuk sekolah yang berhasil menerapkan pembelajaran daring dengan memanfaatkan TIK. Dalam penerapannya, perlu diadakan sebuah analisis terkait kesulitan guru pada pembelajaran berbasis TIK saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran berbasis TIK selama pandemi Covid- 19 di SDN Gugus III Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 orang guru. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS 16.0 (menu: Analyze-Descriptive StatisticsDescriptive). Hasil penelitian menunjukkan pada perencanaan pembelajaran, tingkat kesulitan yang dialami guru adalah sebanyak 14% guru mengatakan tidak sulit, 42% guru mengatakan cukup sulit, 37% guru mengatakan sulit, dan 7% guru mengatakan sangat sulit. Pada pelaksanaan pembelajaran, sebanyak 7,5% guru mengatakan tidak sulit, 29,5% guru mengatakan cukup sulit, 37% guru mengatakan sulit, dan 7% guru mengatakan sangat sulit. Sedangkan pada penilaian pembelajaran, sebanyak 9% guru mengatakan tidak sulit, 40,5% guru mengatakan cukup sulit, 32% guru mengatakan sulit, dan 18,5% guru mengatakan sangat sulit. Mempertimbangkan data hasil penelitian tersebut, guru sebaiknya inovatif dan mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dengan rekan guru, kepala sekolah sebaiknya melaksanakan evaluasi pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK pada masa pandemi Covid-19 dan memberikan pelatihan pemanfaatan aplikasi TIK dalam pembelajaran, dan peneliti lain sebaiknya mempersiapkan instrumen yang komprehensif untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesulitan Guru; Pembelajaran Berbasis TIK
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:30
Last Modified: 14 Mar 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28315

Actions (login required)

View Item View Item