PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI MEDIA ONLINE DAN LURING TERBATAS PADA MASA COVID-19 DI SMAN 1 LINGSAR

LALU, RANDA HAZRI RAMDANI (2022) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI MEDIA ONLINE DAN LURING TERBATAS PADA MASA COVID-19 DI SMAN 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU RANDA HAZRI RAMDANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sosiologi melalui media online dan luring terbatas pada masa pandemi Covid-19 di SMAN 1 Lingsar; (2) wujud kegiatan siswa dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran sosiologi melalui media online dan luring terbatas pada masa pandemi Covid-19 di SMAN 1 Lingsar; (3) hambatan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sosiologi melalui media online dan luring terbatas pada masa pandemi Covid-19 di SMAN 1 Lingsar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan: (1) pola penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sosiologi melalui media online dan luring terbatas yaitu Pola perencanaan melalui media online dan luring terbatas seperti perencanaan silabus, RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan strategi pembelajaran. Pola pelaksanaan melalui media online yaitu pola guru dan media dan pola bermedia. Sedangkan luring terbatas yaitu pola tradisional 1 dan pola tradisional 2; (2) wujud kegiatan siswa dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran sosiologi yaitu wujud kegiatan mengamati melalui media online dan luring terbatas, wujud kegiatan menanya pada luring terbatas, wujud kegiatan mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan melalui media online dan luring terbatas; (3) hambatan penerapan pendekatan saintifik melalui media online dan luring terbatas yaitu hambatan perencanaan seperti guru kesulitan mengembangkan RPP dan bahan ajar pada pembelajaran media online. Pada luring terbatas guru kesulitan mengembangkan RPP. Hambatan pelaksanaan melalui media online kurang bisa melakukan kegiatan pendahuluan, tidak dilakukan kegiatan penutup, hambatan dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan. Pada luring terbatas yaitu hambatan kegiatan menanya, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan, keterbatasan penggunaan media, dan waktu yang terbatas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Saintifik, media online, luring terbatas, Covid-19.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:30
Last Modified: 14 Mar 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28316

Actions (login required)

View Item View Item