EFEKTIVITAS BEBERAPA JENIS BAHAN PERANGKAP HAMA WALANG SANGIT (Leptocorisa acuta T) PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L) DI DESA SERADING KABUPATEN SUMBAWA BESAR

Ria, Fitriani (2022) EFEKTIVITAS BEBERAPA JENIS BAHAN PERANGKAP HAMA WALANG SANGIT (Leptocorisa acuta T) PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L) DI DESA SERADING KABUPATEN SUMBAWA BESAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIA FITRIANI FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juni sampai bulan September 2021 di Desa Serading Kecematan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa Besar yang terletak pada titik koordinat -8º5683 Lintang Selatan dan 117º5069 Bujur Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas berbagai jenis bahan perangkap hama Walang Sangit (Leptocorisa acuta T.) pada tanaman padi. Penelitian dilakukan menggunakan Metode Eksprimental dengan percobaan Lapangan. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan lima perlakuan yang diulangi sebanyak tiga kali sehingga diperoleh 15 perlakuan percobaan. Perlakuan penelitian meliputi P1 (Bangkai Keong Mas), P2 (Bangkai Ikan Nila), P3 (Bangkai Kodok Sawah), P4 (Terasi Udang), dan P5 (Perangkap Kuning). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) yang selanjutnya diuji lanjut dengan menggunakan uji DMRT (Uji Beda Nyata Terkecil) pada taraf 5% apabila berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima perlakuan diperoleh perlakuan Bangkai Keong Mas, Bangkai Ikan Nila dan Bangkai Kodok Sawah dikategorikan kurang efektif dan pada perlakuan Terasi dan Warna Kuning dikatrgorikan tidak efektif sebagai perangkap hama Walang Sangit (Leptocorisa acuta T.).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: serading, walang sangit, efektivitas, padi, jenis bahan perangkap.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:30
Last Modified: 14 Mar 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28319

Actions (login required)

View Item View Item