POLA IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 PRINGGABAYA

NOPI, SURIYANTI (2022) POLA IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 PRINGGABAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Nopi SYNT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) mengatahui pola implementasi model pembelajaran CORE pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Pringgabaya (2) mengatahui kendala implementasi model pembelajaran CORE pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Pringgabaya (3) mengatahui upaya mengatasi kendala implementasi model pembelajaran CORE pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Pringgabaya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Untuk mendapatkan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data di analisis dengan analisis kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Pola implementasi model pembelajaran CORE pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Pringgabaya terdiri dari pola satu arah, pola dua arah, dan pola multi arah (2) Kendala implementasi model pembelajaran CORE pada mata pelajaran sosiologi dari aspek internal yaitu kegiatan diskusi kecendrungan mengikuti dan mengandalkan yang pintar untuk bekerja, pertanyaan yang diontarkan siswa diluar topik diskusi dan melebar, siswa tidak bisa berbicara atau mengeluarkan pendapatya sendiri, siswa tidak mampu memikrkan kembali, mendalami dan menggali pengatahuannya, dan beberapa siswa kesulitan mengerjakan tugas idividu. Dari aspek eksternal yaitu keterbatasan waktu (3) Upaya guru sosiologi dalam mengatasi kendala implementasi model pembelajaran CORE pada mata pelajaran sosiologi melalui upaya internal yaitu memotivasi siswa agar aktif dalam kegiatan diskusi dengan cara melakukan penilaian, memberikan batasan-batasan pertanyaan dan menentukan waktu persentasi, membatasi, meluruskan ketika siswa sudah mulai di luar topik dan mengingatkan siswa tentang topik diskusi, memberikan penguatan-penguatan kembali tentang hal yang sudah dipelajari oleh siswa, membahas ulang tugas yang telah diberikan kepada siswa dengan mengaitkan langsung pada kehidupan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pola implementasi, Model pembelajaran CORE.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:30
Last Modified: 14 Mar 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28321

Actions (login required)

View Item View Item