PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON PADA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT DAN ASRI SEMESTER II KELAS 1 DI SDN 25 AMPENAN

Muhamad, Nizar Muharromy (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON PADA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT DAN ASRI SEMESTER II KELAS 1 DI SDN 25 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Muhamad Nizar Muharromy (F1C115024)..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proses carburizing adalah proses perlakuan panas dimana besi atau baja menyerap karbon sementara logam dipanaskan dengan adanya bahan yang mengandung karbon, seperti arang atau karbon monoksida. Tujuan dari proses ini adalah untuk meningkatkan kekerasan permukaan namun pada bagian dalam tetap ulet. Pada penelitian kali ini dilakukan penambahan unsur karbon dengan menggunakan arang bambu tali dan sebagai energizernya menggunakan serbuk cangkang keong mas setelah itu di quenching menggunakan air garam. Waktu penahanan yang digunakan yaitu 2 jam dengan variasi suhu 875°C, 900°C dan 930°C serta persentase perbandingan antara serbuk cangkang keong mas dan arang bambu tali sebagai media karburasi yaitu : serbuk cangkang keong mas 10% : 90 %, 15% : 85%, 20% : 80% arang bambu tali. Angka kekerasan tertinggi didapatkan pada temperatur 930°C dengan angka kekerasan = 537,48 Kg/mm². Dan untuk uji Impact nilai tertinggi ditunjukan oleh spesimen dengan tanpa perlakuan sebesar 158.33 Joule. Hasil pengamatan struktur mikro menunjukan bahwa pada spesimen tanpa perlakuan terdapat struktur ferit dan perlit. Sedangkan untuk sementit hanya terdapat pada spesimen yang sudah dilakukan pendinginan menggunakan media pendingin larutan garam pada suhu 900°C dan 930°C. Uji komposisi kimia dari spesimen tanpa perlakuan dan spesimen yang telah dilakukan proses Pack carburizing menggunakan suhu 930°C, menunjukan penginkatan massa, massa normal, atom, Abs error dan rel error untuk kadar C.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : pack carburizing, kekerasan, impak, struktur mikro, komposisi kimia.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:30
Last Modified: 14 Mar 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28327

Actions (login required)

View Item View Item