IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGULANGAN BENCANA GEMPA BUMI DI DESA PESANGGRAHAN KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Alfian, Hidayat (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGULANGAN BENCANA GEMPA BUMI DI DESA PESANGGRAHAN KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Alfian Hidayat (L1C018007).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Kebijakan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi di Desa Pesanggrahan”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaima bentuk kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah desa di dalam penagnagn bencana. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori Tindakan sosial Max Weber hal ini bertujuan untuk melihat apa saja yang menajdid asar pemerintah dessa di dlam mengambil kebijakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling, subjek tersebut adalah Pemerintah Desa Pesanggrahan, Tokoh masyrakat, dan Tokoh pemuda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implemntasi kebijakn yang ada di desa pesangrahan sudah terbentuk, hal ini bisa terwujud karna desa pesanggrhan yang merupkan kawasan rawan bencana, membuat pemerintah desa sadar bahwa kebijakn terkait dengan bencana sangat di butuhkan. Adanya Tim Siaga Bencana Desa menjadi salah satu bentuk implementasi kebijakan dan pembagian peran yang sangat jelas. Sehingga desa semkain fokus dan baik untuk meningkatkan edukasi dan pengetahuan tentang bencana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kebijakan,bencana,tindakan social, pemerintah desa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:30
Last Modified: 14 Mar 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28330

Actions (login required)

View Item View Item