PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON PADA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT DAN ASRI SEMESTER II KELAS 1 DI SDN 25 AMPENAN

MAELA, SASKIA PUTRI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON PADA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT DAN ASRI SEMESTER II KELAS 1 DI SDN 25 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran yaitu kurangnya kreativitas guru sehingga media pembelajaran yang digunakan hanya berupa gambar-gambar serta video yang telah di unduh dari aplikasi Youtube. Oleh karena itu, media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual Powtoon. Powtoon merupakan aplikasi berbasis web online yang disediakan bagi pengguna untuk membuat presentasi animasi dengan fitur yang sangat menarik diantaranya animasi tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan timeline yang mudah. Pengembangan media berbasis Powtoon untuk Sekolah Dasar kelas 1 ini, dikarenakan karakteristik belajar anak SD adalah meniru, mengamati, dan sangat tertarik pada animasi kartun, mereka lebih senang bermain sambil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) langkah-langkah dan bentuk media pembelajaran audio visual Powtoon pada tema lingkungan bersih sehat, dan asri semester II kelas 1 di SDN 25 Ampenan. 2) kelayakan media pembelajaran audio visual Powtoon pada tema lingkungan bersih, sehat dan asri semester II kelas 1 di SDN 25 Ampenan. 3) respon guru terhadap media pembelajaran Powtoon pada tema lingkungan bersih, sehat dan asri semester II kelas 1 di SDN 25 Ampenan. Jenis metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahapan penelitian, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SDN 25 Ampenan, Kecamatan Sekarbela. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah Media Pembelajaran audio visual berbasis PowToon pada tema lingkungan bersih, sehat dan asri semester II kelas 1 di SDN 25 Ampenan. Kelayakan media PowToon pada tema lingkungan bersih, sehat dan asri berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase sebesar 97,5% serta penilaian dari ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 94%. Hasil uji coba lapangan berdasarkan respon guru mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase sebesar 92,5%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran audio visual Powtoon pada tema lingkungan bersih, sehat dan asri semester II kelas 1 di SDN 25 Ampenan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Media pembelajaran, audio visual berbasis PowToon, lingkungan bersih, sehat dan asri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:30
Last Modified: 14 Mar 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28331

Actions (login required)

View Item View Item