PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI

Desi, Indah Risma Putri (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Desi Indah Risma Putri, S.Pd..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning, mengetahui kelayakan LKPD, respon guru dan peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning. Pembaharuan dalam penelitian ini adalah menggunakan tematik dengan mengambil tema 2 selalu berhemat energi yang memuat 3 mata pelajaran yaitu: Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan 4-D (Define, Design, Develop, Dessiminate) yang dikembangkan oleh Thiagajaran dkk, yang dilakukan di 2 sekolah dengan melibatkan 6 siswa kelas IV SDN 7 Ampenan sebagai uji terbatas dan 15 siswa kelas IV SDN 23 Ampenan sebagai uji lapangan. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis discovery learning. Hasil penelitian yaitu penilaian dari validator ahli materi mendapatkan kriteria layak dengan rerata skor 3.1, penilaian validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 3.3. Hasil uji coba terbatas berdasarkan penilaian respon guru mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 3.1, dan penilaian respon peserta didik medapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 3.3. Hasil uji coba lapangan berdasarkan penilaian respon guru mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 4, dan penilaian respon peserta didik mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 3.3.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: LKPD, Pembelajaran Tematik, Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:08
Last Modified: 15 Mar 2022 03:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28335

Actions (login required)

View Item View Item