ANALISIS KESULITAN GURU KELAS RENDAH DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 23 AMPENAN

ANIA, NUR INFANTRY (2022) ANALISIS KESULITAN GURU KELAS RENDAH DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 23 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peran guru adalah segala bentuk ikut sertaan guru dalam mengajar dan mendidik anak murid untuk tercapainya tujuan belajar. Sedangkan Pembelajaran tematik adalah program pembelajaran yang berangkat dari satu tema/topik tertentu dan kemudian dielaborasi dari berbagai aspek atau ditinjau dari berbagai perspektif mata pelajaran yang biasa diajarkan di sekolah. Kesulitan yang biasa dialami oleh seorang guru biasanya terdapat pada Kesiapan guru dalam mengajar baik sebelum mengajar yang meliputi pembuatan RPP, materi yang akan dipelajari, menyiapkan bahan ajar, dan media ajar Aisyah Nur Rahmawati ( 2018). Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru kelas rendah dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam melaksanakan pembelajaran tematik. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan wujud data berupa deskripsi sitematis menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi. Hasil dari penelitian ini adalah: Hasil penelitian menunjukkan terkait kesulitan yang dialami oleh guru, yaitu kesulitan dalam penyediaan media pembelajaran, penggunaan metode yang kurang tepat, berbagai macam penilaian , dan memadukan tema antar muatan serta. Kendalakendala lainnya berupa kurang tersedianya buku yang sesuai. Upaya yang dilakukan oleh guru kelas rendah dalam mengatasi kesulitan yaitu dengan saling berbagi informasi dengan teman sejawat mengenai kesulitan yang dialami, melatih diri membuat media pembelajaran yang kreatif ddan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesulitan Guru, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:08
Last Modified: 15 Mar 2022 03:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28336

Actions (login required)

View Item View Item