PENGARUH TINGGI PIPA DAN INTERVAL PEMBERIAN LARUTAN HARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DALAM SISTEM BUDIDAYA HIDROPONIK VERTIKAL

Zima, Syakila (2022) PENGARUH TINGGI PIPA DAN INTERVAL PEMBERIAN LARUTAN HARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DALAM SISTEM BUDIDAYA HIDROPONIK VERTIKAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Zima_ Syakila_C1M017154.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu upaya untuk mengatasi bertambahnya jumlah penduduk, meningkatnya kebutuhan pangan dan berkurangnya lahan budidaya tanaman adalah dengan melakukan budidaya hidroponik vertikal. Selada termasuk salah satu tanaman sayuran yang cocok dibudidayakan pada sistem hidroponik vertikal, memiliki umur pendek, nilai ekonomi yang tinggi dan permintaan pasar yang tinggi. Pemilihan selada sebagai salah satu komoditas yang dibudidayakan di sistem hidroponik vertikal diharapkan mampu mengatasi permasalahan kebutuhan pangan yang semakin meningkat pada kondisi lahan budidaya yang semakin sempit dan bertambahnya jumlah penduduk. Penggunaan pipa paralon yang semakin tinggi dan interval pemberian larutan hara yang intensif diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa L.) dalam sistem budidaya hidroponik vertikal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari perlakuan tinggi pipa dan interval pemberian larutan hara serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasiltanaman selada (Lactuca sativa L.) dalam sistem budidaya hidroponik vertikal. Percobaan ini dilaksanakan pada bulan Juni hingga Agustus 2021 di Rumah Kaca Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri, Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan dua faktor dan empat ulangan. Faktor-faktor yang diuji adalah tinggi pipa dengan tiga aras (50 cm, 75 cm dan 100 cm) dan interval pemberian larutan hara dengan tiga aras (1 hari, 2 hari dan 3 hari). Hasil penelitian menunjukkan perlakuan tinggi pipa tidak berpengaruh nyata terhadap semua variabel yang diamati. Perlakuan interval pemberian larutan hara hanya berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan laju pertumbuhan tinggi tanaman. Sedangkan interaksi antara perlakuan tinggi pipa dan interval pemberian larutan hara tidak berpengaruh nyata terhadap semua variabel yang diamati.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Selada, tinggi pipa dan interval pemberian larutan hara
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:08
Last Modified: 15 Mar 2022 03:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28339

Actions (login required)

View Item View Item