KAJIAN KUALITAS NUTRISI PAKAN YANG DIBERIKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS AYAM PETELUR DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

MUJIBURRAHMAN, MUJIBURRAHMAN (2022) KAJIAN KUALITAS NUTRISI PAKAN YANG DIBERIKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS AYAM PETELUR DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUJIBURRAHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas nutrisi pakan yang diberikan terhadap produktivitas ayam petelur (konsumsi pakan, produksi telur, dan konversi pakan). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2020 untuk pengambilan data formula pakan yang digunakan dan produktivitas ayam petelur pada masing-masing peternak yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan sample 10 peternakan ayam petelur yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode survei dan wawancara untuk memperoleh informasi secara langsung. Kemudian data yang terkumpul diolah dan ditabulasi per parameter. Selanjutnya data-data tersebut dijelaskan secara deskriftif dan dibandingkan dengan standar yang ditetapkan berdasarkan literatur. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah formula pakan, kandungan nutrisi pakan, dan performan ayam yang meliputi konsumsi pakan, produksi telur/HDP dan konversi pakan/FCR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata formula pakan yang diterapkan adalah jagung 51%, dedak 31%, dan konsentrat 18%. Rata-rata kandungan nutrisi pakan berupa ME, LK, SK, dan P sudah memenuhi standar, sedangkan pada kandungan PK dan Ca masih dibawah standar yang ditetapkan oleh SNI. Konsumsi pakan pada P2, P3, P4, dan P9 (40%) sudah memenuhi standar yang ditetapkan, sedangkan peternak lainnya (60%) lebih rendah dari standar. Produksi telur yang dihasilkan pada P4, P7, dan P10 (30%) sudah memenuhi standar yang ditetapkan, sedangkan peternak lainnya (70%) masih dibawah standar. Nilai FCR yang didapatkan pada P1, P2, P4, P6, dan P10 (50%) sudah sesuai dengan standar, sedangkan peternak lainnya (50%) masih lebih tinggi dari standar yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ayam Petelur, Nutrisi Pakan, Formula Pakan, Kandungan Nutrisi, Konsumsi Pakan, Produksi Telur, Konversi Pakan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:08
Last Modified: 15 Mar 2022 03:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28341

Actions (login required)

View Item View Item