IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI GUGUS PAUD KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR

NOVITA, MEIRIANTI ANDARISTA (2022) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI GUGUS PAUD KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVITA MEIRIANTI ANDARISTA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lembaga pendidikan anak usia dini saat ini banyak menekankan pada perkembangan kognitif anak. Setiap sekolah memiliki cara masing-masing dalam mengembangkan kognitif anak, hal ini menjadi latar belakang penelitian identifikasi perkembangan kognitif anak. Rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana perkembangan kognitif anak dalam aspek belajar dan pemecahan masalah, bagaimana perkembangan kognitif anak dalam aspek berpikir logis, dan bagaimana perkembangan kognitif anak dalam aspek berpikir simbolik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perkembangan kognitif anak dalam aspek belajar dan pemecahan masalah, aspek berpikir logis, aspek berpikir simbolik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang kemudian hasil penelitiannya akan dideskripsikan. Subjek penelitian sebanyak 30 anak yang diambil dengan teknik proporsional random sampling secara acak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Teknik pengolahan data ialah triangulasi, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian aspek pertama belajar dan pemecahan masalah pada indikator mengetahui cara menggunakan peralatan main sebanyak 6 anak (19,98%) belum berkembang, terdapat enam indikator dengan persentase tinggi yaitu 17 anak (56,61%) berkembang sesuai harapan. Aspek kedua berpikir logis pada indikator mengetahui sebab-akibat sesuatu terdapat satu anak (3,33%) yang belum berkembang. Indikator mengenal konsep kasar-halus, mengenal bentuk geometri memiliki persentase yaitu 17 anak (56,61%) berkembang sesuai harapan. Aspek ketiga berpikir simbolik, indikator mengetahui nama panjang dan mengenal nama anggota keluarga memiliki persentase tinggi yaitu 18 anak (59,94%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan perkembangan kognitif anak di Gugus PAUD Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur berkembang sesuai harapan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Perkembangan Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:16
Last Modified: 19 Mar 2022 02:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28343

Actions (login required)

View Item View Item