TINGKAT PRODUKSI DAN HARGA KOMPETITIF PADI DAN JAGUNG TERHADAP TANAMAN HORTIKULTURA DI KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

NI LUH, NINDI (2022) TINGKAT PRODUKSI DAN HARGA KOMPETITIF PADI DAN JAGUNG TERHADAP TANAMAN HORTIKULTURA DI KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI LUH NINDI_C1G018122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komoditas tanaman pangan dan tanaman hortikultura sangat banyak dikembangkan di Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara karena memiliki sumber daya lahan yang sangat potensial. Namun petani sering mengalami kebingungan untuk menentukan komoditas mana yang harus diusahakan agar mencapai keuntungan yang maksimal. Berdasarkan pertimbangan diatas maka dirasa perlu untuk melakukan penelitian tentang tingkat produksi dan harga kompetitif padi dan jagung terhadap tanaman hortikultura ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui tingkat produksi dan tingkat harga kompetitif pada tanaman pangan (Padi dan jagung) terhadap tanaman hortikultura (cabai dan tomat) di Kabupaten Lombok Utara. (2) Mengetahui tingkat kelayakan usahatani tanaman pangan (padi dan jagung) dan tanaman hortikultura (cabai dan tomat) di Kabupaten Lombok Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis penelitian ini yaitu petani padi, jagung, cabai dan tomat. Penentuan responden dilakukan secara quota sampling, dipilih 60 responden yang mengusahakan komoditas pangan (petani padi 30 dan petani jagung 30) dan 60 responden yang mengusahakan komoditas hortikultura (petani cabai 30 dan petani tomat 30). Jenis data yang digunakan oleh peneliti yaitu data kualitatif dan kuantitatif sedangkan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa: (1)Produktivitas minimum padi agar kompetitif terhadap cabai adalah 39.448 kg/ha dengan tingkat harga minimum sebesar Rp 37.534/kg. Sedangkan Produktivitas minimum padi agar kompetitif dengan usahatani tomat adalah 14.440 kg/ha dengan tingkat harga minimum sebesar Rp 13.740/Kg. (2) Produktivitas minimum jagung agar kompetitif dengan cabai adalah 42.008 kg/ha dengan tingkat harga minimun sebesar Rp 27. 394/kg. Sedangkan Produktivitas minimum jagungagar kompetitif dengan usahatani tomat adalah 14.637 kg/ha dengan tingkat harga minimum sebesar Rp 9.544/Kg.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Produksi Kompetitif, Harga Kompetitif, Daya Saing, Usahatani.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:16
Last Modified: 19 Mar 2022 02:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28344

Actions (login required)

View Item View Item