ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI BERBASIS KAKAO DI KAMPUNG COKELAT SENARA DESA GENGGELANG KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA

ANGGERAINI, SETIAWATI (2022) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI BERBASIS KAKAO DI KAMPUNG COKELAT SENARA DESA GENGGELANG KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SIAP JILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lombok Utara merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai salah satu penghasil kakao dengan jumlah produksi yang cukup besar dan Lombok Utara adalah penghasil kakao terbanyak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pelaku usaha agroindustri berbahan baku kakao harus mampu mempertahankan usaha mereka dan tetap harus mengeluarkan biaya di dalam segala kegiatan usahanya mulai dari kegiatan produksi hingga pemasarannya sehingga diperlukan strategi usaha berdasarkan kemampuan hasil penjualan tersebut agar usaha agroindustri tetap berjalan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang berperan dalam pengembangan Agroindustri Berbasis Kakao di Kampung Coklat Senara Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. (2) Merumuskan strategi pengembangan Agroindustri Berbasis Kakao di Kampung Coklat Senara Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis adalah usaha agroindustri berbasis kakao di Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini dilakukan di Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara, penentuan daerah sampel dilakukan penentuan responden secara purposive sampling, dimana dalam metode ini yang dipilih yaitu sampel yang berdasarkan pada suatu karakteristik tertentu. Dalam penelitian ini diambil 5 responden dari masing-masing kelompok tani diambil secara asidental atau sudah di tentukan anggotanya dimana 5 responden adalah ketua, sekertaris, bendahara dan 2 anggota lainnya. Dengan jumlah responden sebanyak 15 orang yang terdiri dari 5 Kelompok tani Mekar Sari, 5 Kelompok Wanita tani, dan 5 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Berdasarkan jenisnya, data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif, sedangkan berdasarkan sumbernya ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor internal dan faktor eksternal yang berperan dalam usaha Agroindustri berbasis Kakao antara lain: a)Faktor internal: total skor faktor internal dalam usaha agroindustri berbasis kakao sebesar 3,803 yang diperoleh dari skor faktor kekuatan sebesar 3,153 dengan faktor-faktor: kualitas produk yang baik, produk tahan lama dan sudah memiliki izin usaha; skor faktor kelemahan 0,650 terdiri dari faktor-faktor usaha skala kecil, terbatasnya modal usaha dan kurangnya partisipasi.b) Faktor eksternal: total skor faktor eksternal sebesar 3.192, hasil nilai diperoleh dari total skor faktor peluang sebesar 2,552 dengan faktor-faktor: berkembangnya media promosi, perkembangan teknologi produksi dan adanya dukungan pemerintah; total skor ancaman sebesar 0,640 dengan faktor-faktor: kenaikan harga sarana produksi, persaingan dengan usaha sejenis.2) Strartegi pengembangan agroindustri berbasis kakao menggunakan kuadran I dimana usaha tersebutmemiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini strategi S-O adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy) dengan strategi 1) Meningkatkan volume produksi untuk memanfaatkan peluang pasar yang ada 2) Melakukan ekspansi pasar terutama domestik (daerah dan nasional). Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Pengusaha agroindustri kakao agar lebih menjamin ketersediaan jumlah bahan baku dan kontinuitas produksi olahan cokelat dalam rangka meningkatkan volume produksi. (2) Pengusaha Agroindustri Kakao diharapkan untuk meningkatkan nilai produk dan memperluas pemasaran dengan memanfaatkan lembaga-lembaga pemasaran yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Agroindustri, Kakao, Strategi, SWOT
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:16
Last Modified: 19 Mar 2022 02:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28347

Actions (login required)

View Item View Item