PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) VARIETAS CHITRA DI KECAMATAN SEMBALUN PADA MUSIM DAN KETINGGIAN TEMPAT YANG BERBEDA

Erica, Dian Rahayu (2022) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) VARIETAS CHITRA DI KECAMATAN SEMBALUN PADA MUSIM DAN KETINGGIAN TEMPAT YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ERICA PERBAIKI FIX word.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil tanaman kentang (Solanumtuberosum L.) varietas chitra pada ketinggian tempat dan musim yang berbeda. Penelitian dilaksanakan di Kecematan Sembalun mulai bulan April sampai Agustus 2021. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok Faktorial 2 (dua) faktor, faktor 1 yaitu musim tanaman (M) dan faktor 2 yaitu ketinggian tempat (L). Kedua faktor dikombinasikan sehingga diperoleh 6 (enam) kombinasi perlukan, setiap kombinasi perlakuan diulang 6 (enam) kali, sehingga diperoleh 36 petak percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan Analysis of Varience (ANOVA) pada taraf 5%. dan apabila antara perlakuan terdapat beda nyata maka dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) 5%. Hasil penelitan menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antar ketinggian tempat dan musim dalam mempengaruhi pertumbuhan tanaman kentang di Kecamatan Sembalun namun kedua faktor tersebut berinteraksi dalam mempengaruhi hasil dan mutu hasil tanaman kentang di Sembalun. Ketinggian tempat hanya berpengaruh terhadap parameter persentase umbi berukuran besar, sedangkan pada musim yang berbeda mempengaruhi laju pertambahan jumlah daun, berat setiap umbi, dan berat umbi per tanaman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pertumbuhan, hasil, kentang Chitra, musim dan lokasi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:16
Last Modified: 19 Mar 2022 02:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28353

Actions (login required)

View Item View Item