ANALISIS KOMPARASI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DENGAN SISTEM TANAM KONVENSIONAL DI KECAMATAN JONGGAT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH

YULIANTI, HARDIANA MARDIANINGSIH (2022) ANALISIS KOMPARASI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DENGAN SISTEM TANAM KONVENSIONAL DI KECAMATAN JONGGAT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_YULIANTI HARDIANA M._ANALISISKOMPARASIPENDAPATANUSAHATANIPADISAWAHSISTEMTANAMJAJARLEGOWODENGANS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis perbandingan pendapatan dan efisiensi usahatani padi sistem tanam jajar legowo dan sistem tanam konvensional. (2) Menganalisis perbandingan penyerapan tenaga kerja pada usahatani padi sistem tanam jajar legowo dan sistem tanam konvensional. (3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan usahatani padi sistem tanam jajar legowo dan sistem tanam konvensional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik survei. Unit analisis pada penelitian ini adalah petani yang melaksanakan usahatani padi sawah dengan sistem tanam jajar legowo dan sistem tanam konvensional di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Jumlah petani ditetapkan secara sengaja setiap 35 responden (3% dari total populasi yaitu 1.149), ditentukan dengan teknik quota sampling meliputi 35 petani padi sawah yang menerapkan sistem tanam jajar legowo dan 35 petani padi sawah yang menerapkan sistem tanam konvensional dengan jumlah yang sama. Sedangkan pengambilan jumlah petani responden pada masing-masing desa, sampel ditentukan secara proporsional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata pendapatan petani yang melaksanakan usahatani padi sawah sistem tanam jajar legowo sebesar Rp15.958.986/ha lebih besar dari rata-rata pendapatan petani sistem tanam konvensional sebesar Rp 8.988.500/ha. Jadi secara ststistik terdapat perbedaan secara nyata antara pendapatan petani yang menggunakan sistem tanam jajar legowo dengan sistem tanam konvensional. Nilai R/C Rasio sistem tanam jajar legowo sebesar 2,69 dan sistem tanam konvensional sebesar 1,72. (2) Rata-rata penyerapan tenaga kerja petani pada usahatani padi sawah sistem tanam jajar legowo sebanyak 103,20 HKO/ha/MT lebih besar dari rata-rata pendapatan petani sistem tanam konvensional sebanyak 135,59 HKO/ha/MT. Jadi secara ststistik terdapat perbedaan secara nyata antara penyerapan tenaga kerja petani yang menggunakan sistem tanam jajar legowo dengan sistem tanam konvensional. (3) Kendala utama yang dihadapi petani dalam usahatani padi sawah baik sistem tanam jajar legowo maupun sistem tanam konvensional adalah mengalami kelangkaan pupuk, keterbatasan modal, kendala cuaca, serangan hama penyakit, keterbatasan tenaga kerja serta keterbatasan alat mesin pertanian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Komparasi, Pendapatan, Penyerapan Tenaga Kerja
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:17
Last Modified: 19 Mar 2022 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28355

Actions (login required)

View Item View Item