PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PRODUK KERAJINAN TANGAN DI TINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 31 TAHUN 2000 TENTANG DESAIN INDUSTRI (Studi Terhadap Kerajinan Rotan di Desa Kerembong Kecamatan Janapria Lombok Tengah)

MUHAMMAD, FAHMI (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PRODUK KERAJINAN TANGAN DI TINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 31 TAHUN 2000 TENTANG DESAIN INDUSTRI (Studi Terhadap Kerajinan Rotan di Desa Kerembong Kecamatan Janapria Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD FAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan tentang kerajinan tangan di dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri dan penerapan aturan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum Normatif Empiris dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulannya bahwa pengaturan perlindungan hukum terhadap produk kerajinan rotan di atur dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri dan penerapan aturan kerajinan rotan belum di lakukan sehingga perlindungan hukum Desain Industri kerajinan masih lemah jika terjadi peniruan atas karya pengrajin. Perlu adanya penyempurnaan Undang-Undang Desain Industri terutama dalam sistem pendaftaran berdasarkan hal tersebut dibutuhkan peran pemerintah untuk membantu dalam hal pendaftaran hak Desain bagi pengrajin terutama kerajinan rotan sehingga mudah dikenal secara Nasional ataupun Internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Karya, Desain Industri
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:17
Last Modified: 19 Mar 2022 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28358

Actions (login required)

View Item View Item