PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI TWO-TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN PERSONAL COMPUTER UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

ROZA, HAIRUNNISSA (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI TWO-TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN PERSONAL COMPUTER UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPI ROZA REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan keefektifan instrumen evaluasi Two-Tier Multiple Choice menggunakan personal computer untuk mengukur pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XII MIPA SMAN 2 Taliwang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 32 orang siswa kelas XII MIPA SMAN 2 Taliwang yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen evaluasi yang dikembangkan berada pada kategori valid karena nilai validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken‟s adalah V = 0,73. Adapun nilai kepraktisan dari instrumen evaluasi yang dikembangkan diperoleh sebesar 89%, termasuk kategori sangat praktis untuk digunakan. Selain itu, nilai keefektifan dari instrumen evaluasi yang dikembangkan berdasarkan interpretasi tingkat pemahaman konsep siswa diperoleh kategori paham konsep sebesar 63%, tidak paham konsep sebesar 21%, dan miskonsepsi sebesar 16%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi Two-Tier Multiple Choice yang disusun menggunakan personal computer tergolong valid, praktis dan efektif untuk mengukur tingkat pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: pengembangan, two-tier multiple choice test, personal computer, pemahaman konsep, materi larutan penyangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:18
Last Modified: 19 Mar 2022 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28369

Actions (login required)

View Item View Item