ROZA, HAIRUNNISSA (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI TWO-TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN PERSONAL COMPUTER UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPI ROZA REVISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan keefektifan instrumen evaluasi Two-Tier Multiple Choice menggunakan personal computer untuk mengukur pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XII MIPA SMAN 2 Taliwang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 32 orang siswa kelas XII MIPA SMAN 2 Taliwang yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen evaluasi yang dikembangkan berada pada kategori valid karena nilai validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken‟s adalah V = 0,73. Adapun nilai kepraktisan dari instrumen evaluasi yang dikembangkan diperoleh sebesar 89%, termasuk kategori sangat praktis untuk digunakan. Selain itu, nilai keefektifan dari instrumen evaluasi yang dikembangkan berdasarkan interpretasi tingkat pemahaman konsep siswa diperoleh kategori paham konsep sebesar 63%, tidak paham konsep sebesar 21%, dan miskonsepsi sebesar 16%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi Two-Tier Multiple Choice yang disusun menggunakan personal computer tergolong valid, praktis dan efektif untuk mengukur tingkat pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: pengembangan, two-tier multiple choice test, personal computer, pemahaman konsep, materi larutan penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2022 02:18 |
Last Modified: | 19 Mar 2022 02:18 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28369 |
Actions (login required)
View Item |