PENGARUH WAKTU PEMBERIAN DAN DOSIS PUPUK GANDASIL B TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CIPLUKAN (Physalis angulata L.)

Nur, Aeni (2022) PENGARUH WAKTU PEMBERIAN DAN DOSIS PUPUK GANDASIL B TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CIPLUKAN (Physalis angulata L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu pemberian dan dosis pupuk Gandasil B serta interaksi kedua faktor terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman ciplukan jenis golden berry. Percobaan dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial, terdiri atas dua faktor. Faktor pertama yaitu waktu pemberian pupuk yang terdiri atas F1 = 7 HST, F2 = 21 HST faktor kedua adalah dosis pupuk Gandasil B yang terdiri atas P1=5g /10 liter air (200 ml/tanaman), P2=10g /10 liter air (200 ml/tanaman), dan P3= 15g /10 liter air (200 ml/tanaman). Kedua faktor di kombinasikan sehingga di dapat 6 kombinasi perlakuan diulang sebanyak 4 kali sehingga didapatkan 24 unit percobaan. Percobaan dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan Oktober 2021. Data dianalisis dengan analisis keragaman (ANOVA) dengan taraf 5%. Jika terdapat perlakuan yang berbeda nyata (P < 0,05) maka dilakukan uji lanjut dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata 5%. Hasil percobaan menunjukkan bahwa waktu pemberian pupuk tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan kecuali pada parameter pengamatan jumlah buah pertanaman dan berat buah pertanaman. Begitupan pada faktor dosis pupuk Gandasil B berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah daun, lingkar batang, jumlah cabang, berat buah perbuah, jumlah buah pertanaman, dan berat buah pertanaman. Akan tetapi interaksi kedua faktor tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Ciplukan, pertumbuhan dan hasil, waktu pemberian pupuk, Dosis.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:18
Last Modified: 19 Mar 2022 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28370

Actions (login required)

View Item View Item