PERILAKU DAN MOTIF NETIKET DALAM BUDAYA KOMUNIKASI VIRTUAL MAHASISWA UNRAM (Studi Netnografi pada Grup Facebook Info Mahasiswa Baru UNRAM)

MUHAMMAD, FACHRY (2022) PERILAKU DAN MOTIF NETIKET DALAM BUDAYA KOMUNIKASI VIRTUAL MAHASISWA UNRAM (Studi Netnografi pada Grup Facebook Info Mahasiswa Baru UNRAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI- MUHAMMAD FACHRY-E1S015029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Abstrak : Netizen Indonesia memperoleh gelar selaku netizen yang sangat tidak sopan se Asia Tenggara pasca dirilisnya Digital Civility Index (DCI) 2020 oleh Microsoft. Oleh karena itu perlu adanya pembacaan dan penyusunan formulasi terkait media sosial dikalangan masyarakat Indonesia khususnya generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku netiket dalam budaya komunikasi virtual mahasiswa Unram. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode netnografi di grup facebook Info Mahasiswa Baru Unram. Hasil penelitian ini jika ditinjau dari 3 aspek perilaku (pemahaman, sikap dan pelaksanaan) menunjukkan bahwa, pertama netizen Unram telah memahami netiket secara ekstrapolasi meskipun dengan menggunakan istilah lain. Kedua, netizen unram cenderung mengedepankan aspek sikap kognitif dalam menyikapi segala informasi di media sosial. Ketiga, secara umum netizen Unram sudah menerapkan netiket dengan baik, hanya saja ketika berbicara tentang politik kampus atau kebijakan kampus yang dianggap tidak berpihak kepada mahasiswa respon mereka cenderung variatif bahkan kerap tidak mengedepankan netiket.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : facebook, netiket, netizen Unram, netnografi, perilaku
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:19
Last Modified: 19 Mar 2022 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28375

Actions (login required)

View Item View Item