ANALISIS STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH JAMILA DALAM NASKAH DRAMA PELACUR DAN SANG PRESIDEN KARYA RATNA SARUMPAET: PERSPEKTIF SIGMUND FREUD

SAKFI MUJADDID, M. (2022) ANALISIS STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH JAMILA DALAM NASKAH DRAMA PELACUR DAN SANG PRESIDEN KARYA RATNA SARUMPAET: PERSPEKTIF SIGMUND FREUD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CD SKRIPSI - M.SAKFI MUJADDID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang struktur kepribadian tokoh Jamila dalam naskah drama Pelacur dan Sang Presiden karya Ratna Sarumpaet menggunakan perspektif Sigmund Freud. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kepribadian tokoh Jamila dalam naskah drama Pelacur dan Sang Presiden karya Ratna Sarumpaet.Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa id, ego, dan superego tokoh Jamila pada naskah drama Pelacur dan Sang Presiden karya Ratna Sarumpaet. Sumber data dalam penelitian ini berupa naskah drama Pelacur dan Sang Presiden karya Ratna Sarumpaet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dalah (1) studi pustaka, (2) teknik baca dan (3) teknik catat. Adapun hasil penelitian yang ditemukan, struktur kepribadian tokoh Jamila dalam naskah drama Pelacur dan Sang Presiden karya Ratna Sarumpaet berupa struktur Id pada aspek naluri bawaan, keinginan, dan kesenangan. Selanjutnya struktur Ego pada aspek tindakan. Terakhir yaitu struktur Superego pada aspek perbuatan benar dan perbuatan salah. Dari keseluruhan struktur kepribadian tokoh Jamila yang telah dipaparkan, pada akirnya struktur kepribadian Superego yang paling mendominasi. Struktur kepribadian Superego yang membuat beberapa tindakan yang muncul baik perbuatan benar atau salah. Sebelum melakukan perbuatannya, tokoh Jamila memikirkan terlebih dahulu apa dampak yang akan terjadi setelah ia melakukan perbuatan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: struktur kepribadian, Sigmund Freud, Pelacur dan Sang Presiden
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:19
Last Modified: 19 Mar 2022 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28378

Actions (login required)

View Item View Item