PENGARUH KOMBINASI PAKAN ANTARA CACING SUTRA (Tubifex sp.) DENGAN PAKAN BUATAN TERHADAP JUMLAH LARVA YANG DIHASILKAN INDUK IKAN GUPPY (Poecilia reticulata)

Ashari, Kautsar (2022) PENGARUH KOMBINASI PAKAN ANTARA CACING SUTRA (Tubifex sp.) DENGAN PAKAN BUATAN TERHADAP JUMLAH LARVA YANG DIHASILKAN INDUK IKAN GUPPY (Poecilia reticulata). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Ashari Kautsar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan guppy (Poecilia reticulata) merupakan salah satu ikan hias yang populer karena banyak varietasnya serta mudah dalam pemeliharaan dan budidayanya. Permintaan pasar akan ikan hias, khususnya ikan guppy, terus meningkat baik di dalam negeri maupun di luar negeri, dan stok yang tersedia tidak mencukupi untuk memenuhi permintaan tersebut, sehingga perlu peningkatan produksi untuk memenuhi permintaan pasar. Cacing sutra (Tubifex sp.) mempunyai kandungan gizi yang tinggi terutama protein dan lemak sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pakan alami untuk meningkatkan fekunditas ikan guppy (Poecillia reticulata). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian cacing sutra (Tubifex sp.) pada induk guppy (Poecillia reticulata) terhadap jumlah larva yang dihasilkan. Penggabungan cacing sutra (Tubifex sp.) dalam pakan buatan digunakan dalam penelitian ini sebagai strategi percobaan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan yaitu P0 (tanpa kombinasi cacing sutra/kontrol), P1 (kombinasi 5% cacing sutra), P2 (kombinasi cacing sutra 10%), P3 (15% kombinasi cacing sutra), dan P4 (kombinasi cacing sutra 20%), yang masing-masing diulang tiga kali. Analisis varians (ANOVA) digunakan untuk menganalisi data, yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Dari hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa kombinasi cacing sutra pada pakan buatan berdampak besar pada parameter pertumbuhan berat mutlak induk jantan dan betina, rasio konversi pakan induk jantan dan betina, gonadosomatic indeks, dan jumlah larva yang dihasilkan. Sedangkan pada parameter tingkat kelangsungan hidup baik induk maupun larva ikan guppy tidak berpengaruh nyata. Adapun perlakuan kombinasi cacing sutra pada pakan buatan yang terbaik didapatkan pada perlakuan P4 (kombinasi cacing sutra 20%) dengannilai rata-rata Survival Rate Induk (100%), Berat Mutlak Induk Jantan (0,09 gram), Berat Mutlak Induk Betina (0.33 gram), Feed Convertion Ratio Induk Jantan (3.31), Feed Convertion Ratio Induk Betina (3.05), Gonadosomatic Indeks (28,97), Jumlah Larva (39,67), dan Survival Rate Larva (98,25%)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Ikan Guppy, Cacing Sutra, Jumlah Larva
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:21
Last Modified: 19 Mar 2022 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28384

Actions (login required)

View Item View Item