ANALISISKEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

ESTI, WINDA SARI (2022) ANALISISKEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ESTI WINDA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIIIB SMP Negeri 21 Mataram yang terdiri dari 2 siswa dengan kemandirian belajar tinggi, 2 siswa dengan kemandirian belajar sedang, dan 2 siswa dengan kemandirian rendah. Pemilihan subjek pada penelitian ini didasari dengan menggunakan instrument angket kemandirian belajar. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, angket dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu siswa dengan kemandirian belajar tinggi hanya mampu memenuhi 2 indikator pemahaman konsep yaitu menyatakan ulang sebuah konsep yang telah dipelajari dan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi. Siswa dengan kemandirian sedang mampu memenuhi 3 indikator kemampuan pemahaman konsep yaitu memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep yang telah dipelajari, menyatakan ulang sebuah konsep yang telah dipelajari dan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi. Kemudian untuk siswa dengan kemandirian rendah hanya mampu memenuhi 2 indikator kemampuan pemahaman konsep yaitu memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep yang telah dipelajari dan menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:21
Last Modified: 19 Mar 2022 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28385

Actions (login required)

View Item View Item