OPTIMASI PELARUT PADA EKSTRAKSI SENYAWA FLAVONOID DARI DAUN KELOR (Moringa oleifera L.) MENGGUNAKAN SIMPLEX LATTICE DESIGN

SITI, MUHSONAH OKTAVIANA (2022) OPTIMASI PELARUT PADA EKSTRAKSI SENYAWA FLAVONOID DARI DAUN KELOR (Moringa oleifera L.) MENGGUNAKAN SIMPLEX LATTICE DESIGN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SITI MUHSONAH OKTAVIANA_K1A017048.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Flavonoid adalah senyawa yang berpotensi sebagai antianemia alami dengan cara produksi eritropoietin yang berfungsi merangsang pembentukan sel darah merah (eritropoeiesis). Kelor merupakan salah satu bahan alam dengan kandungan senyawa flavonoid yang tinggi. Pengembangan kelor sebagai antianemia alami membutuhkan pelarut yang tepat untuk memaksimalkan kadar flavonoid total (TFC) sehingga perlu dilakukan optimasi pelarut. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasi pelarut etanol 96% dan air dalam mengekstraksi senyawa flavonoid yang maksimal dari daun kelor menggunakan Simplex Lattice Design (SLD). Pada penelitian ini dilakukan proses ekstraksi menggunakan metode sonikasi dengan 5 variasi komposisi pelarut etanol 96% dan air. Komposisi pelarut dioptimasi menggunakan SLD. Kemudian dilakukan skrining flavonoid ekstrak daun kelor dan analisis TFC menggunakan spektrofotometri UV-Vis. Skrining data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji F dan ANOVA. Hasil uji menunjukkan kelima ekstrak kelor positif mengandung senyawa flavonoid. Persamaan SLD yang diperoleh dari hasil optimasi yaitu Y= 440,243(A) + 142,983(B) – 47,324(A)(B). Berdasarkan hasil uji F, persamaan SLD yang diperoleh tersebut valid ditandai dengan nilai Fhitung > Ftabel. Hasil optimasi menunjukkan bahwa pelarut etanol 96% : air (100:0) merupakan pelarut optimum dengan TFC tertinggi yaitu 440,243±2,633 mg QE/g ekstrak. Kelima ekstrak dengan variasi komposisi pelarut juga memiliki TFC yang berbeda signifikan (p<0,05). Semakin tinggi komposisi etanol pada pelarut, maka semakin tinggi juga TFC yang terekstraksi dari daun kelor.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Flavonoid, Moringa oleifera, Optimasi Pelarut, Simplex Lattice Design.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:21
Last Modified: 19 Mar 2022 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28390

Actions (login required)

View Item View Item