PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF, BAHASA DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kasus Di Dusun Montong Belae Kecamatan Keruak Tahun 2020-2021)

Siti, Nurbaizura (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF, BAHASA DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kasus Di Dusun Montong Belae Kecamatan Keruak Tahun 2020-2021). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI NURBAIZURA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permainan ular tangga merupakan permainan yang dikembangkan dan dimainkan pada papan permainan yang sudah dirancang oleh peneliti dengan tema tanaman sesuai kebutuhan anak usia 5-6 tahun. Penerapan permainan ini memerlukan papan permainan, dadu, pion, dan kartu huruf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif menggunakan konsep Borg and Gall dengan 8 tahapan dimana dalam pengumpulan datanya mengguakan teknik observasi dan dokumentasi yang telah di uji para ahli. Subyek pada pelitian ini sebanyak 3 orang anak dengan usia 5-6 tahun di Dusun Montong Belae Kecamatan Keruak. Penelitian ini berfokus pada perkembangan aspek kognitif, bahasa, dan sosial emosional. Hasil pengembangan permainan ular tangga yang telah dimodifikasi langkah-langkahnya, dapat meningkatkan aspek Kognitif dari 31,63% menjadi 94,44%, Bahasa dari 40,98% menjadi 93,74%, dan Sosial Emosional dari 40,84% menjadi 95,54%. Dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan permainan ular tangga dapat meningkatkan perkembangan Kognitif, Bahasa, dan Sosial Emosional anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : permainan ular tangga, kemampuan kognitif, bahasa dan sosial emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:22
Last Modified: 19 Mar 2022 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28391

Actions (login required)

View Item View Item