Siti, Nurbaizura (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF, BAHASA DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kasus Di Dusun Montong Belae Kecamatan Keruak Tahun 2020-2021). S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI SITI NURBAIZURA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permainan ular tangga merupakan permainan yang dikembangkan dan dimainkan pada papan permainan yang sudah dirancang oleh peneliti dengan tema tanaman sesuai kebutuhan anak usia 5-6 tahun. Penerapan permainan ini memerlukan papan permainan, dadu, pion, dan kartu huruf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif menggunakan konsep Borg and Gall dengan 8 tahapan dimana dalam pengumpulan datanya mengguakan teknik observasi dan dokumentasi yang telah di uji para ahli. Subyek pada pelitian ini sebanyak 3 orang anak dengan usia 5-6 tahun di Dusun Montong Belae Kecamatan Keruak. Penelitian ini berfokus pada perkembangan aspek kognitif, bahasa, dan sosial emosional. Hasil pengembangan permainan ular tangga yang telah dimodifikasi langkah-langkahnya, dapat meningkatkan aspek Kognitif dari 31,63% menjadi 94,44%, Bahasa dari 40,98% menjadi 93,74%, dan Sosial Emosional dari 40,84% menjadi 95,54%. Dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan permainan ular tangga dapat meningkatkan perkembangan Kognitif, Bahasa, dan Sosial Emosional anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci : permainan ular tangga, kemampuan kognitif, bahasa dan sosial emosional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2022 02:22 |
Last Modified: | 19 Mar 2022 02:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28391 |
Actions (login required)
View Item |