MODEL INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT MENGGUNAKAN METODE GEOGRAPHYCALLY WEIGHTED RIDGE REGRESSION

MIFTHA, SUKMA ADI PRAJANATI (2022) MODEL INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT MENGGUNAKAN METODE GEOGRAPHYCALLY WEIGHTED RIDGE REGRESSION. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX MIFTHA SUKMA A.P pdf baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten/Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat mengalami kenaikan dalam 5 tahun belakangan ini. Untuk mengetahui penyebab kenaikan nilai IPM tersebut, diperlukan analisis terkait faktor-faktor yang menyebabkan kenaikan nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model IPM dengan 6 variabel yang berpengaruh terhadap IPM. Data IPM termasuk dalam data spasial karena diperoleh dari beberapa daerah. Metode yang digunakan dalam pemodelan nilai IPM ini yaitu metode Geographycally Weighted Ridge Regression (GWRR). Metode ini dapat digunakan untuk data yang memiliki masalah multikolinieritas. Model dengan pembobot fixed gaussian ini selanjutnya dimodelkan dengan memperhatikan ukuran Mean Square Error (MSE) dan Akaike’s Information Criterion (AIC). Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel yang memiliki masalah multikolinieritas yaitu variabel dan . Model GWRR yang diperoleh memberikan nilai MSE metode GWRR sebesar 0,158861 dan nilai AIC metode GWRR sebesar -87,36997, dengan variabel yang signifikan mempengaruhi nilai pada data IPM adalah variabel pengeluaran per kapita dan rata-rata lama sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): AIC,GWRR, IPM, Multiolinieritas,VIF
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:22
Last Modified: 19 Mar 2022 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28392

Actions (login required)

View Item View Item