PROBLEMATIKA GURU SOSIOLOGI DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMAN 1 PARADO

SAFINAH, SAFINAH (2022) PROBLEMATIKA GURU SOSIOLOGI DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMAN 1 PARADO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SAFINAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengatahui problematika guru sosiologi dalam penerapan kurikulum 2013 di SMAN 1 Parado; (2) mengetahui faktor penyebab problematika guru sosiologi dalam penerapan kurikulum 2013 di SMAN 1 Parado; (3) mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru sosiologi dalam mengatasi problematika dalam penerapan kurikulum 2013 di SMAN 1 Parado. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara kualitatif melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan: (1) problematika guru sosiologi dalam penerapan kurikulum 2013 yaitu kurangnya motivasi belajar siswa, sulitnya mengontrol, kurangnya kemampuan berdiskusi siswa, kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan cara lama seperti ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran. (2) faktor penyebab problematika guru sosiologi dalam penerapan kurikulum 2013 di SMAN 1 Parado yaitu kurangnya pelatihan terkait penerapan kurikulum 2013 yang dilakukan pemerintah, kurangnya fasilitas, sarana dan prasaran yang masih terbatas, kurangnya motivasi belajar siswa, mindset guru yang masih belum terbiasa dengan perubahan kurikulum, kurangnya kemampuan guru terkait masalah IT, dan guru kurang mampu memanejemen waktu pada saat proses pembelajaran berlangsung. (3) upaya guru sosiologi mengatasi problematika yaitu mengadakan kegiatan sosialisasi dan workshop tentang kurikulum 2013, mengadakan kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), menyediakan fasilitas penunjang dan guru berusaha mengajak siswa untuk selalu aktif di kelas pada saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: problematika, guru sosiologi, penerapan kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:22
Last Modified: 19 Mar 2022 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28397

Actions (login required)

View Item View Item