PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBING PROMPTING BERBANTUAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

SITI, SUMIATI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBING PROMPTING BERBANTUAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Siti Sumiati_E1Q017051_2022..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian pemngembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika model probing prompting berbantuan video dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang valid, efektif, dan praktis. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan model 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Adapun produk yang dikembangkan berupa silabus, RPP, bahan ajar, LKPD, dan instrument tes kemampuan berpikir kritis peserta didik. Data validasi didapatkan dari hasil penilaian lembar validasi produk yang dinilai oleh 6 validator, yaitu 3 validator ahli dan 3 validator praktisi dengan penggunaan skala likert. Didapatkan data hasil validitas oleh validator ahli dan validator praktisi menunjukkan rata-rata di atas 3,11. Data kepraktisan diperoleh melalui respon peserta didik. Selanjutnya untuk data keefektivitas perangkat dilakukan dengan uji coba terbatas melalui soal uraian kemampuan berpikir kritis kepada 11 peserta didik XI IPA 4 SMAN 4 Mataram. Didapatkan hasil uji coba dengan nilai N-Gain sebesar 0,34 dengan kriteria sedang. Data kepraktisan didapatkan dari hasil angket respon peserta didik dengan penggunaan skala likert. Persentase rata-rata angket respon peserta didik sebesar 93,2% dengan kategori sangat praktis. Hasil Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid, praktis, dan efekif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pengembangan perangkat, model probing prompting, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:22
Last Modified: 19 Mar 2022 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28402

Actions (login required)

View Item View Item