PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA PEMBELAJARAN MITIGASI GEMPA BUMI

RIRI, DEANSIKUTARI (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA PEMBELAJARAN MITIGASI GEMPA BUMI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RIRI DEANSIKUTARI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja mahasiswa berbasis problem based learning dengan pendekatan STEM pada pembelajaran mitigasi gempa bumi yang layak digunakan. Pendekatan STEM merupakan pendekatan yang menggabungkan empat aspek ilmu yaitu sain, teknologi, teknik dan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari empat tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluations. Tahap penelitian ini dibatasi sampai dengan tahap pengembangan (develop). Produk yang dikembangkan yaitu lembar kerja mahasiswa. Kelayakan lembar kerja mahasiswa yang dikembangkan dilihat dari hasil validasi oleh tiga ahli yang dihitung dengan validitas dan reliabilitas lembar kerja mahasiswa. Selanjutnya dilakukan penyebaran angket respon pada 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mataram. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli menunjukkan bahwa hasil pengembangan lembar kerja mahasiswa memiliki kriteria sangat valid dan reliabel. Hasil respon mahasiswa menunjukkan respon sangat baik sehingga, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja mahasiswa yang telah dikembangkan berbasis problem based learning dengan pendekatan STEM pada pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Lembar Kerja Mahasiswa, Mitigasi Bencana, STEM. Problem Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:22
Last Modified: 19 Mar 2022 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28403

Actions (login required)

View Item View Item