PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

RIZKA, RAMDHANI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RIZKA RAMDHANI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Memecahkan masalah fisika merupakan kesulitan yang sering dihadapi peserta didik dalam pembelajaran fisika. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah memfasilitasi guru dan peserta didik dengan perangkat yang menunjang kemampuan pemecahan masalah fisika. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model kooperatif tipe think-pair-share untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan model kooperatif tipe think-pair-share yang valid, efektif dan efisien pada materi usaha dan energi. Produk yang dihasilkan meliputi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development model 4D, terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, uji coba terbatas, dan respon peserta didik terhadap model mengajar guru, LKPD dan instrumen tes. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli dan praktisi menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dan reliabel. Selanjutnya, hasil ratarata N-gain untuk kemampuan pemecahan masalah sebesar 0.53 dengan kategori sedang dan rata-rata respon peserta didik menunjukkan hasil yang positif. Berdasarkan hal ini, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model kooperatif tipe think-pair-share valid, efektif dan efisien digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran, model kooperatif tipe think-pair-share, kemampuan pemecahan masalah, usaha dan energi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:22
Last Modified: 19 Mar 2022 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28404

Actions (login required)

View Item View Item