MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DAN KAITANNYA DENGAN MINAT BACA SISWA (STUDI KASUS) SMA NEGERI 1 KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SITI, NURHIDAYAH (2022) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DAN KAITANNYA DENGAN MINAT BACA SISWA (STUDI KASUS) SMA NEGERI 1 KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI NURHIDAYAH (E1C015064).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen perpustakaan dan kaitannya dengan minat baca siswa di SMA Negeri 1 Kediri Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya 1). manajemen perpustakaan di SMA Negeri 1 Kediri, yaitu manajemen pengembangan koleksi bahan Pustaka, manajemen layanan tata ruang, manajemen pelayanan perpustakaan dan manajemen sumber daya manusia di perpustakaan SMA Negeri 1 Kediri dalam penelitian ini memiliki kategori baik. 2). Kondisi minat baca peserta didik di SMA Negeri 1 Kediri masih rendah dikarenakan peserta didik lebih sibuk dengan aktifitas lain seperti bermain, berkeliaran saat jam istrahat, bercerita, masuk ke perpustakaan memilih main handphone daripada membaca. Ini juga disebabkan minat baca kurang karena koleksi perpustakaan yang belum variatif, kebanyakan buku paket dan koleksi lama. 3). Hubungan manajemen perpustakaan dengan minat baca siswa di SMA Negeri 1 Kediri mempunyai hubungan yang erat, dimana bila manajemen perpustakaan diterapkan semaksimal dan sebaik mungkin akan bisa menumbuhkan motivasi dan minat siswa untuk membaca maupun mengunjungi perpustakaan itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: manajemen perpustakaan, minat baca siswa, hubungan manajemen perpustakaan dengan minat baca siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:22
Last Modified: 19 Mar 2022 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28405

Actions (login required)

View Item View Item