PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 PRAYA

HELLA, RANTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HELLA RANTI SKRIPSI...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Praya. Penelitian ini termasuk dalam quasi-experimentdan menggunakan desain penelitian “non-equivalent control group design”. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Praya. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, karena peneliti memiliki pertimbangan tertentu berkenaan dengan sampel yang akan diambil sehingga diperoleh kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Data penguasaan konsep diperoleh dengan menggunakan tes uraian sebanyak 10 soal. Hasil tes akhir penguasaan konsep diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 72,19 dan nilai rata-rata kelas kontrol 63,33. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh dan dengan kriteria nilai lebih besar dari maka ditolak dan diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Praya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci:pembelajaran berbasis masalah, penguasaan konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:23
Last Modified: 19 Mar 2022 02:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28406

Actions (login required)

View Item View Item