KLASIFIKASI CITRA GLAUKOMA DENGAN ANN BERDASARKAN PEMBULUH DARAH DALAM CITRA FUNDUS RETINA MENGGUNAKAN PERBANDINGAN METODE SEGMENTASI OTSU-THRESHOLDING DAN DETEKSI TEPI CANNY

Teguh, Ardian Samudra (2022) KLASIFIKASI CITRA GLAUKOMA DENGAN ANN BERDASARKAN PEMBULUH DARAH DALAM CITRA FUNDUS RETINA MENGGUNAKAN PERBANDINGAN METODE SEGMENTASI OTSU-THRESHOLDING DAN DETEKSI TEPI CANNY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan_Teguh_Ardian_Samudra(F1D016084).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Glaukoma adalah penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan permanen yang disebabkan oleh peningkatan Tekanan Intraokular (TIO) pada mata. Ada beberapa metode untuk mendeteksi glaukoma, yaitu Optical Nerve Hypoplasia Stereo Photographs (ONHSPs), Optical Coherence Tomography (OCT), Scanning Laser Polarimetry (SLP), dan Confocal Scanning Laser Ophthalmoscopy (CSLO). Namun, metode ini membutuhkan banyak biaya dan pengawasan dari ahli. Pada makalah ini akan dilakukan klasifikasi glaukoma menggunakan metode ANN dengan perbandingan metode segmentasi otsuthresholding dan deteksi tepi canny dengan tujuan untuk mengetahui metode mana yang memberikan hasil yang lebih baik dalam mendiagnosis citra glaukoma berdasarkan parameter akurasi, sensitivitas, dan spesifisitas. Dataset yang digunakan adalah RIM-ONE r2 dan r3 yang akan diekstraksi menggunakan 5 fitur GLCM (angular second moment, contrast, inverse different moment, entropy, dan correlation) dan 6 fitur statistik (rerata intensitas, deviasi standar, skewness, energi, entropi, dan kehalusan) dan diperoleh akurasi 76% untuk metode otsuthresholding, dan 79% untuk deteksi tepi canny.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keywords: ANN, Otsu-Thresholding, Canny, Retinal Blood Vessels, Glaukoma.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:30
Last Modified: 28 Mar 2022 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28431

Actions (login required)

View Item View Item