SAVIRA, RAHMASARI (2022) PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SDN 15 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI SAVIRA RAHMASARI FIX KUMPUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SDN 15 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di SDN 15 Cakranegara. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik sampling total, dimana seluruh jumlah populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan independen sample t-test. Hasil analisis data menggunakan program SPSS versi 23.0 menunjukkan bahwa nilai nilai thitung sebesar 6,816 dan ttabel sebesar 2,011, dimana nilai thitung>ttabel atau dengan melihat nilai Sig. (2 tailed) dalam taraf signifikansi 5% memperoleh sebesar 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak, yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara metode SAS terhadap keterampilan membaca permulaan siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II di SDN 15 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci : Metode SAS, keterampilan membaca permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 02:30 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 02:30 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28432 |
Actions (login required)
View Item |