PENGARUH PENERAPAN MODEL KAUSALITIK TERINTEGRASI NILAI KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PERUBAHAN KARAKTER SISWA SMP PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA

HURAIZA, MAHMUDAH (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL KAUSALITIK TERINTEGRASI NILAI KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PERUBAHAN KARAKTER SISWA SMP PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HURAIZA MAHMUDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penerapan model kausalitik terintegrasi nilai karakter terhadap kemampuan berpikir kreatif dan perubahan karakter siswa SMP pada materi usaha dan pesawat sederhana. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Tarbiyatul Mustafid Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih siswa kelas VIIIA sebanyak 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebanyak 20 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model kausalitik terintegrasi nilai karakter, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Data kemampuan berpikir kreatif (KBK) diperoleh melalui pemberian tes uraian sebanyak 4 butir soal dan data perubahan karakter siswa diperoleh melalui angket karakter. Nilai rata-rata KBK yang diperoleh kedua kelas adalah kelas eksperimen sebesar 80,07 dan kelas kontrol sebesar 75,33. Nilai rata-rata perubahan karakter siswa diperoleh untuk kelas eksperimen sebesar 97,86 dan kelas kontrol sebesar 97,5. Data KBK kedua kelas homogen dan terdistribusi normal. Data KBK dan perubahan karakter dianalisis menggunakan t-test polled varians. Hasil analisis data KBK diperoleh nilai sebesar dan hasil analisis data perubahan karakter diperoleh nilai sebesar . Nilai pada taraf signifikan sebesar , maka . Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model kausalitik terintegrasi nilai karakter terhadap kemampuan berpikir kreatif dan perubahan karakter siswa SMP pada materi usaha dan pesawat sederhana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Kausalitik, Kemampuan Berpikir Kreatif, Karakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:30
Last Modified: 28 Mar 2022 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28436

Actions (login required)

View Item View Item