IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SDN 09 TALIWANG SUMBAWA BARAT

Fithri, Kurnia Zenra Yanti (2022) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SDN 09 TALIWANG SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI fitri kurnia zenra yanti siap barning.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komperhensif tentang tradisi perang timbung yang memiliki tujuan sebagai penolak balaq dan ungkapan rasa syukur terhadap Allah SWT. selain itu, tradisi tersebut mengawinkan Islamic values di dalamnya. Metode yang dilakukan adalah pendekatan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deduktif dan indukatif, Teori yang digunakan untuk menganalisis data adalah teori intraksionisme simbolik, teori integrasi dan teori intraksi sosial. Hasil penelitian menggambarkan bahwa akulturasi praktik keberagamaan dalam tradisi perang timbung sudah sejak dulu dilestarikan oleh masyarakat Desa Pejanggik sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Akulturasi yang terjadi antara agama Islam dan tradisi perang timbung saling menguntungkan dan membutuhkan, praktik keberagamaan Islam merupakan simbol pengabdian dan bentuk ibadah kepada Allah, dan tradisi merupakan suatu hal yang dipercayai yang ditinggalkan oleh nenek moyang yang memiliki nilai-nilai tertanam dalam masyarakat seperti nilai silaturrahim, nilai syukur dan nilai gotong royong.. Peraktik keberagamaan Islam yang dilakukan dalam tradisi perang timbung seperti dzikiran, pembacaan berzanji dan serakalan serta do’a.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Identification of Teacher Difficulties, Mathematics Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:29
Last Modified: 28 Mar 2022 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28439

Actions (login required)

View Item View Item