PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL KAUSALITIK BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK

BAIQ, SONIA HARTIANI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL KAUSALITIK BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_BAIQ SONIA HARTIANI_E1Q017008_PENDIDIKAN FISIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model kausalitik berbantuan Google Classroom yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif fisika peserta didik topik usaha dan energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research &Development) mengacu pada langkah-langkah model 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). Produk penelitian ini terdiri dari RPP, tugas pendahuluan, LKPD, serta instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Pengumpulan data berupa validitas produk penelitian diperoleh dari lembar validasi oleh validator ahli yang terdiri dari 3 orang dosen ahli pendidikan fisika Universitas Mataram dan validator praktisi yakni 3 orang guru mata pelajaran fisika di MAN 2 Mataram. Kepraktisan produk diperoleh dari observasi keterlaksanaan dan angket respon peseta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Efektivitas produk diperoleh dari hasil pretest dan posttest pada uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 peserta didik di MAN 2 Mataram. Berdasarkan hasil penilaian menggunakan skala Likert validitas produk penelitian memiliki rentang persentase 86.1% - 89.8% dengan kriteria sangat valid. Persentase angket respon peserta didik memiliki rentang 76.8%-80.9% dengan kriteria cukup praktis dan rata-rata persentase keterlaksanaan sebesar 84.8%. Adapun hasil analisis efektivitas menggunakan uji N-Gain dan uji-t diperoleh peningkatan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif berturut-turut 65% dan 64% dengan kriteria cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif dengan peningkatan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model Kausalitik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:29
Last Modified: 28 Mar 2022 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28440

Actions (login required)

View Item View Item